Peningkatan Layanan Kereta Api : Sebuah Tranformasi ?

Saya jarang naik kereta api,tapi karena ikut pelatihan Bahasa Inggris Dikti selama 6 bulan di Bandung tahun lalu, saya jadi akrab dengan layanan publik itu. Jujur, saya harus mengakui ada perubahan layanan yang lebih baik oleh pt KAI. Sebagian perubahan ppsitif itu saya tuangkan dalam tulisan ini.

Pertama, dari segi keamanan. Sekarang naik kereta sudah cukup aman karena sekarang ada satuan keamanan khusus Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Mbak~mas sekuriti berpakaian coklat itu banyak berseliweran di stasiun dan di dalam kereta api. Bordes kereta juga selalu tertutup. Di beberapa stasiun pemberhentian mereka juga berjaga di dekat pintu,mungkin di daerah~daerah yg dianggap rawan. Namun, meskipun sudah dijaga ketat, tetaplahh waspada dalam perjalanan, simpan barang~barang berharga and secara aman di tas, dan jangan memakai perhiasan berlebihan, oke?

Satu lagi tentang keamanan, saat ini kalau anda memesan tiket kereta jarak jauh, nama yang tertera di tiket harus sama dengan di kartu identitas KTP.Dan ini diperiksa di loket di depan pintu masuk stasiun. Jadi siap~siap agak ribet kalau mau masuk stasiun…

Kedua,dari segi ketepatan waktu. Kereta jarak jauh sekarang berangkat tepat waktu lho! Jadi jangan bayangkan akan molor, kalau anda datang terlambat, anda bakal ketinggalan.

Sayangnya untuk kedatangan, masih sering terlambat sekitar 30~60 menit. Pengalaman bolak balik naik KA Malabar selama 6 bulan, rata~rata ketdatangan ci stasiun Bandung selalu telat 1 jam. Mungkin antri di stasiun ya
? Btw untuk masalah ketepatan waktu,kereta masih bisa diprediksi keterlambatannya, daripada pesawat yg apabila dekay karena cuaca sulit diprediksi. Namun jangan bandingkan masalah kecepatannya ya… perjalanan kereta api memang buat mereka yang ingin menikmati perjalanan.

Ketiga,dari segi kenyamanan. Naik kereta sekarang nyaman lho! Meskipun naik kelas ekonomi,anda dipastikan akan dapat tempat duduk meskin sedikit berdesakan (Satu seat diisi 3 orang). Dan tidak ada penumpang tambahan yg duduk di bawah,yang memenuhi koridor gerbong!

Kalau untuk kelas bisnis,satu seat diisi dua, masih bisa duduk dengan lega, bantak dan selimut bisa didapat dengan sewa 2~4ribu (untuk akhir pekan dan masa liburan lebih mahal).

Untuk kelas ekonomi dan bisnis,pengaturan suhu cuma pakai kipas angin doang,tp cukup nyaman kok. Untuk masalah kebersihan, skarang bukan hanya polsuska, juga ada petugas kebersihan yang bolak~ balik membawa plastik hitam besar (wadah sampah), sapu dan cikrak. Kebersihan gerbong dijamin. Pengalaman saya, ada penumpang anak kecil yang muntah,beberapa menit kemudian lantai gerbong bekas muntah langsung dipel bersih oleh petugas kebersihan. Sepertinya pt KA melakukan outsorcing dalam hal ini.

Bagaimana dengan gerbong eksekutif? Jangan ditanya… sekarang gerbong eksekutif seperti ini pemandangannya:
image
Seperti gerbong pesawat,hehehe.. selain ac yang menyala 24 jam,di setiap seat disediakan colokan listrik. Jadi anda bisa ngecas hp, menyalakan tablet atau laptop sepanjang jalan (tapi ttap waspada dg barang berharga ya). Saya berpikir andaikan gerbong eksekutif juga disediakan wifi, sip kali ya…

Untuk gerbinh eksekutif, selimut dan bantal sdh termasuk,tp tufak termasuk makan malam. Jadi jangan berpikir makannya gratis.. anda tetap harus bayar dengan harga yg cukup mahal… misalnya mi instan dg telur seharga 12 ribu, nasi goteng seharga 23 ribu.. tampilannya cukup oke tapi rasanya .. enggak dijamin, tp bukan enggak enak.. hehehe. Saya sendiri kalau sempat, lebih memilih mbontot atau beli mi cup di pemberhentian stasiun.

Bagaimana dengan kamar mandi? Sekarang semua kamarmandi gerbong,ekonomi hingga eksekutif,bersih ! Dan ada airnya juga,meski mengalir kecil. Hanya saja,gunakan kamar mandi saat berjalan saja ya, karena apapun yg anda keluarkan sebenarnya jatuh ke darat,hehehe.

Last but not least, keempat, pelayanan dan akses. Pelayanan penumpang dilayani oleh petugas ka yg berseragam abu~abu, jaket merah. Mereka jugaramah dan murah senyum kok. Malah, kadangkala petugas memberikan ucapan selamat datang dan terimakasih di awal dan akhir perjalanan. Tapi tidak semua… padahal ini memberikan kesan yang bagus lho (sy tidak tahu kenapa tidak semua perjalanan ada seperti ini,mungkin masih tahap ujicoba?).

Akses membeli tiket kereta juga semakin mudah. Saat ini tiket ka jarakjauh bisa dibeli langsung di stasiun, toserba alfamart dan indomaret, dan via online. Untuk jadwal,harga dan pemesanan online bisa langsung akses ke http://www.keretaapionline.com . Pembayaran online via atm bni,tapi satu jam sebelun berangkat harus ditukar di stasiun dengan tiket.

Perubahan memang selalu terjadi.Dan memang perusahan yang melayani hajat hidup orang banyak juga harus berbenah sedikit demi sedikit. PT KAI juga ternyata cukup sadar dengan stigma buruk layanannya… dan mereka juga berusaha berubah lebih baik. Kesalutan saya terhadap perubahan ini yang membuat saya menulis blog ini.

Ya iyalah… apa mau ditelan perubahan jaman ?

Tentang kursniper

loves reading, jogging, blogging, surfing in the web and sharing knowledge. Pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan sebuah universitas negeri di Malang; asisten pelatih pencak silat di tim PSHT Malang dan Kabupaten Malang; professional sport psychologist who just started her own research and practice.
Pos ini dipublikasikan di jurnal kur, Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Peningkatan Layanan Kereta Api : Sebuah Tranformasi ?

  1. pratita berkata:

    Hallo Slamat malam mbak Kurniati,

    Perkenalkan saya Pratita perwakilan dari http://www.protespublik.com, portal yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelayanan publik. Sehubungan dengan Hari Angkutan Umum Nasional yang akan diperingati tanggal 24 April nanti, kami akan melakukan bbrp program edukasi/sosialisasi untuk merayakannya. Salah satunya adalah dengan memposting artikel-artikel dari blog yang bertemakan tentang pengalaman menggunakan angkutan umum/transportasi publik di indonesia. Tulisan mbak kurniati yang berjudul “Peningkatan Layanan Kereta Api : Sebuah Tranformasi ?” diposting pada tanggal 19 Februari 2013 menjadi salah satu dari 5 bloger yang artikelnya kami pilih untuk ditampilkan di web kami secara bergantian selama tanggal 15 apr – 15 Mei 2013.

    Kami memohon izin/persetujuan dari mbak Kurniati apakah artikel tersebut bisa kami tampilkan di web protes publik?kami akan sangat berterima kasih apabila mbak berkenan untuk berpartisipasi. Untuk kesediaan mbak kurniati, kami akan memberikan kenang-kenangan dari protespublik berupa kaos, stiker dan buku kami; “Protes Publik: Penerbangan Indonesia” karangan Agus Pambagio.

    terimakasih atas waktunya mbak kurniati, kami tunggu kabar baiknya.

    Salam,

    pratita

  2. Iron Maiden berkata:

    Sekarang sudah ada Wifi gratis kok, mbak. KA ekonomi sudah ada AC, bisnis juga, Ada kelas baru, Ekonomi ac. Sistem tempat duduk 2-2. Kalau ekonomi, kan, 2-3. Sekarang kedatangan pun tidak pernah telat lagi sejauh yang saya lihat. Telat hanya 1-2 menit. Dan waktu tempuh pun maikn berkurang. Dulu Jakarta Surabaya 14 jam, sekarang 12 jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s