Talent Scouting Beasiswa Luar Negeri DIKTI: What, Where, When, Who, Why and How ?

WHAT ?
Talent Scouting Dikti adalah kegiatan pengarahan yang diadakan oleh DIKTI untuk dosen PTN dan PTS di Indonesia yang berminat melamar Beasiswa Luar Negeri (BLN) DIKTI. Acaranya dilaksanakan 2 hari secara berurutan di berbagai kota, antara lain Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya,  Makassar, Wamena hingga Manokwari.

Apa saja acaranya?
Acara biasanya terbagi dua. Bagian pertama terkait gambaran bagaimana melakukan studi di luat negeri. Kelebihan, manfaat, sistem studi pascasarjana di bernagai negara, hingga bagaimana membuat proposal riset yang baik, mencari supersivor,tatacara berhubungan (email) dengan supervisor, hingga tips dan trik melamar beasiswa Dikti.

Sedangkan bagian kedua adakah placement test bahasa Inggris. Placement testnya mirip IELTS, dan untuk mereka yang masih memiliki IELTS score yang berlaku sebesar minimal 6.5, tidak harus mengikuti,asal menunjukkan kopiannya.

Hasil placement test akan digunakan sebagai bahan pertimbangan mengikuti pelatihan bahasa Inggris Dikti selama 6 bulan,nilai minimal 4.5 akan mendapat seat pelatihan,… namun belum jelas apakah itu otomatis atau tidak… saya akan mengupdate berita ini.

WHEN ?
Kapan waktunya tidak tentu,sering~sering mengupdate berita pengumuman di dikti.go.id atsu klik disini. Website dikti selalu terupdate,tapi biasanya mendadak… (this is not good actually,however we must cope with it)

Sebagai gambaran, di akhir tahun 2012 ada talent scouting, dan di bulan Februari dan Maret 2013 ini juga ada. Biasanya diadakan beberapa gelombang dalam setahun… namun berapa kali dan kapan,sering~sering cek webnya dikti aja …

WHO?
Pematerinya adalah para interviewer beasiswa Dikti.Mereka rata~rata profesor (but not too old,energetic,indeed) yang lulusan luar negeri.Pengalaman studi dan postdoc itu yang dibagikan pada kita semua. Contohnya,di talent scouting yang saya hadiri di Bandung,pematerinya adalah Dr.Edwan Kaldera Ph.D dari ITB dan Prof. Tarkus, Ph.D dari UNPAD.

Note: kalau ingin diskusi ttg BLN, lebih baik ajak diskusi pematerinya langsung aja, jangan ke orang DIKTI nya. Pengalaman saya di bandung, mereka adalah staf pelaksana saja yang “secara tertib dan patuh” melaksanakan tugas perintah atasan sesuai tupoksinya (so if you ask something, dont be shocked if they answer “dont know”).

WHY?
Sebenarnya Talent scouting ini penting untuk para dosen yang berminat studi ke luar negeri. Karena secara keseluruhan memberikan banyak gambaran bagaimana studi di luar negeri itu. Saat ini,peminat talent scouting sudah meningkat sekitar 1000~an orang,sehingga DIKTI harus melakukan penyaringan dan mengadakannya dalam dua (atau beberapa) gelombang. Di awal tahun 2013 ini talent scouting BLN Dikti diadakan 2 gelombang, untu mengetahui apakah ada pendafyaran berikutnya,sekali lagi update info terkini di dikti.go.id.

HOW ?
Cara untuk mengikuti Talent Scouting BLN dikti adalah didaftarkan oleh perguruan tinggi asal.Pendaftaran ini melalui email, biasanya dikirimkan melalui email bagian kerjasama atau bagian akademik universitas. Jadi, segera setelah mengetahui pengumuman talent scouting, segeralah mengurus pendaftarannya ke universitasnya.

Bagaimana kalau universitas tidak mendukung? Well,… peningkatan kualitas dosen melalui BLN adalah program DIKTI yang seyogyanya diikuti semua PTN dan PTS. Kalaupun tidak mendukung… ambillah contoh salah satu kenalan yang saya kenal di talent scouting ini,dia rela berangkat ke talent scouting ke Bandung dengan biaya sendiri. Kampusnya mengijinkan tapi tidak membiayai perjalanan,karena anggaran belum keluar.. dan dia tetap berangkat karena studi di luar negeri adalah cita~citanya.Berkorban sedikit,why not… untuk cita~cita,katanya (Fyi, teman saya ini seorang dosen poltek di wilayah sulawesi).

Terakhir,… saya sendiri mendapatkan beberapa manfaat disini,terutama mengenai bagaimana studi di luar negeri. Termasuk beberapa info penting terkait beasiswa (saya juga akan mem~posting info ini di tulisan lainnya)

Kalau anda berniat sekolah di luar negeri lewat BLN Dikti,namun belum memiliki gambaran apapun… saya sarankan ikut talent scouting ini.. Insya Allah akan mendapat sedikit pencerahan…

Scholarship hunter,keep fight !

Tentang kursniper

loves reading, jogging, blogging, surfing in the web and sharing knowledge. Pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan sebuah universitas negeri di Malang; asisten pelatih pencak silat di tim PSHT Malang dan Kabupaten Malang; professional sport psychologist who just started her own research and practice.
Pos ini dipublikasikan di beasiswa dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Talent Scouting Beasiswa Luar Negeri DIKTI: What, Where, When, Who, Why and How ?

  1. Ping balik: Talent Scouting Beasiswa Luar Negeri DIKTI: What, Where, When, Who, Why and How ? « Politeknik NSC Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s