Pasar Pagi Malang, Taiyaki dan Takoyaki

Minggu lalu aku jalan ke pasar pagi Malang,letaknya di jalan Semeru dan berdekatan dengan lokasi jalan car free day jalan Ijen.Pasar kaget ini sudah lama usianya,seingat saya tahun 2000~an sudah ada dan berlokasi di halaman parkir stadion Gajayana. Sempat berpindah~pindah tempat hingga menempati tempat yg sekarang, di ruas jalan Semeru. Pasar Pagi Malang lebih teratur daripada pasar kaget yg lain yg aku tahu. Selain lalu lintas pengunjung diatur,ada penomoran stan,paguyuban pedagangnya, mungkin karena dipromosikan juga sebagai ikon kota Malang ya… kalau saya bandingkan dengan pasar pagi di Gasibu Bandung, pasar ini jauh lebih teratur dan well managed.

Saya selalu berusaha datang pagi sekali kalau ke pasar Pagi, saat masih sepi,penjual baru buka lapak dan jalan masih lengang. Untuk minggu ini saya khusus pingin cari sesuatu buat misua dan jajan sesuatu yang bikin penasaran… Ichiban Takoyaki dan Taiyaki. Semacam jajanan khas jepang begitu… yang kalau sedikit siang antrinya langsung panjang.

Taiyaki itu… sebenarnya ya semacam kue berbentuk ikan yang ada isinya. Pertama kali saya tahu juga dari komik jepang. Jajal beli,ternyata rasanya lumayan,dan lumayan kenyang juga lho.

image

image

image

Sedangkan Takoyaki,adalah semacam cilok ala jepang, bentuknya bundar kecil~kecil dan ada isinya, bisa pilih udang,keju, sosis,crabstick,gurita… setelah matang dan diangkat dari cetakan, disiram bumbu cair coklat (sepertinya campuran kacang sama saus tiram?),laku dibubuhi semacam snack seukuran beras dan gurita asap tipis~tipis. Cukup yummy,menurut saya … (misuaku nggak suka,rasanya aneh katanya,dia dari dulu memang emoh seafood).

image

image

image

image

Kalau ke pasar pagi,ada semacam ritual kebiasaan unttuk beli satu jajanan lagi.. Bakso Goreng Lengko atau Bagor Lemgko. Stan ini selalu rame banget dengan pengunjung,bahkan mulai pagi. Bagor Lengko sebenarnya adalah Bakso. Goreng beraneka rasa (bakso ayam,udang,tahu,siomay) yang digireng dengan tepung gurih sehingga renyah lezat. Dimakan dengan saos pedes atau tomat… enak wes… tetapi kalau saya biasanya juga beli yang mentah yang bisa digoreng di rumah. Stan Bagor Lengko ini selalu berada di tempat yang sama di kanan jalan dekat lapangan voli. Recommended buat yang suka ngemil gorengan bergizi…

image

image

Tentang kursniper

loves reading, jogging, blogging, surfing in the web and sharing knowledge. Pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan sebuah universitas negeri di Malang; asisten pelatih pencak silat di tim PSHT Malang dan Kabupaten Malang; professional sport psychologist who just started her own research and practice.
Pos ini dipublikasikan di jurnal kur, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pasar Pagi Malang, Taiyaki dan Takoyaki

  1. sam berkata:

    Hmmmmmm

  2. Halimatus S. berkata:

    mau jalan2 di kota Malang?
    yuk hubungi Dunia Wisataku.com
    ada paket perjalanan yang kamu suka, hotline: 0341-456444
    terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s